Lanjutan Ngetwit kercepnyanya sambil melewati hutan2 jadi harap maklum kalo terputus2 ..
Kalian pada tau kan dengan pepatah Time Is Money? jadi skr kecepatan itu lebih berharga dibanding jarak, cawang -bekasi 2.5 jam = jkt-Menado
Kalo dari bekasi - bandara soekarno hatta naik taksi skr bisa 300 ribu lebih.. mau naik damri nunggunya lama ditambah perjalanannya jg lama
Kalo bandara soekarno hatta - bandung naik travel skr harganya 150.000 an .. estimasi weekdays bisa 3-4 jam apalagi kalo wiken
ini harga perhari skr yah.. pengusaha transportasi ngitungnya harga per KM sedangkan bagi konsumen menghitung harga perjam nya..
bandingkan kondisi sekarang dengan proyek kereta cepat jakarta -Karawang- Bandung, Harus pakai Karawang karena orang karawang nikmati jg
penjelasan ini sekaligus akan menjawab pertanyaan kemaren mengapa Kercep ini "berpotensi" rugi? hehehe akan gue jawab sekaligus way outnya
waktu MRT mau direalisasikan sama jokowi-ahok.. perdebatan paling keras adalah soal harga tiket.. jokowi ngotot HTM nya gak boleh mahal
tahun 2020 saat MRT di resmikan HTM nya jokowi minta harus terjangkau diperkirakan antara 10.000 sd. 15.000 = lebih murah MRT Singapore skr
Jd perdebatan paling keras jokowi dengan investor (termasuk pemerintah pusat) adalah soal HTM ini, pdhl kalo dinaikkin 100% lg gak masalah
Dasar koppig .. sama seperti kasus kercep ini .. HTM kercep adalah kunci.. jokowi minta harus terjangkau
HTM kercep dipatok sekitar US$ 16 .. atau sekitar 200 ribu pada tahun 2020 nanti .. kita bandingin dengan moda transportasi lainnya yah
Travel sejenis Cipaganti perhari ini 120 ribu .. kalo 3 tahun lagi kemungkinan besar sdh mendekati harga 200 ribu.. .. sama yah
Tiket pesawat terbang Rp. 600 ribu an kalo 3 tahun lagi bisa tembus sejuta, argo gede gue gak tau deh berapa? Ada yg bisa bantu?
Jadi HTM kercep 200 ribuan inilah yg harus kita syukuri selayaknya nanti MRT yang cuma bayar ceban .. negara melayani kita sbg warga
Sebenarnya kalo kagak mau dibuat polemik gampang aja .. negara gak ikut campur HTM ditentukan swasta sendiri.. dipatok HTM 400 ribu
Trus haters2 bloon ini nanya lagi : sudah tau rugi kok dibiarkan? mau ngorbanin BUMN? Biar dijual ke cina yah.. kasihan mikirnya
Dalam skema pinjaman dari china diberikan waktu tenggang (grace period) selama 10 tahun artinya pengelola kercep punya nafas panjang
Setelah 10 tahun, pinjaman ini baru mulai dibayar oleh BUMN kercep.. jadi hitungannya 3 tahun dibuat ada waktu 7 tahun utk "bermanuver"
Gue yakin satu tahun pertama setelah kercep beroperasi HTM kercep "promosi" masih 200 ribu utk buktikan betapa murah dan efisiennya kercep
Gue tadi lupa sebutkan waktu tempuh kercep jakarta - Bandung sekitar kurang dari sejam yah ... jadi kaya naik taksi monas - polda metro
Setelah orang2 sadar dgn kegunaan kercep, pemerintah akan "support" dgn cara menaikkan HTM nya.. dijamin konsumen kagak ada masalah
Dari financial forecasting yang gue peroleh.. cash flow kercep ini akan "positif" satu tahun pasca operasi.. jadi ada waktu 6 tahun lagi
haters bloon2 ini membandingkan kercep dengan kegagalan merpati? .. kegunaan, market dan persaingannya aja jauh banget.. duh mikir dong
kalo users kercep ini adalah kelompok orang2 butuh waktu.. akan ada saatnya mereka menghitung dgn logika biaya perjam utk tujuan jkt-bandung
jadi gue berpikir jika pada titik keseimbangan nanti htm kercep ini naik hingga ratusan persen maka users tidak akan terlalu permasalahkan
segitu dulu deh.. masih banyak lagi yang bisa di bahas.. mulai dari financing, rute2 jangka panjang sampe efek pembangunannya
Source: Tweet @kurawa
masgammy berkata" ok saya dukung saja asal positif.dan manpangat
BalasHapusBoleh dipercepat realisasinya. Biar bolakbalik lihatvproject property bandung lbh cepat :)
BalasHapus